OPINI

KRITIK PP 72 TAHUN 2020 BENTUK DISKRIMINASI PEMDA SE JAWA

 

PEMANFATAN HUTAN dan Kawasan Hutan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor  72 Tahun 2010 tentang Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara, sampai hari ini dinilai kalangan akademisi sangat merugikan bagi petani yang lahannya telah bertahun-tahun dikuasai oleh Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani). 

MANUVER AKTOR POLITIK MARTABAT

(Perseteruan Internal Partai Demokrat)

PERSETERUAN internal Partai Demokrat telah terbuka menganga kepada publik, dengan berlansungnya  acara Kongres Luar Biasa (KLB) di Sibolangit, Sumatera Utara yang memilih Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Punawiran Jenderal TNI Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, menyingkirkan Putera Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  Agus Harimurti Yudhosono (AHY) sebagai ketua. Mosi tidak percaya terhadap kepemimpin AHY mulai terasa dua pekan terakhir ini, dengan menggadangkan Moeldoko berharap dapat  penyelamat  Partai Demokrat  lebih menjadi partai yang demokratis dan sebelumnya AHY telah memecat ketujuh seniornya dari keanggotaan partai.
Baca selengkapnya...





Terbitnya Perppu No. 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 merupakan salah satu upaya luar biasa yang dilakukan oleh pemerintah dalam usaha mempercepat  penanggulangan pandemiCovid-19 di Indonesia.
Baca selengkapnya...

PILKADA, DEMOKRASI, KESEHATAN RAKYAT


DEMOKRASI, adalah bentuk pemerintahan dimana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah kehidupan mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi secara aktif, baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, pembuatan hukum. 
Baca selengkapnya...

Rakyat Iuran BPJS untuk Membiaya Dirinya
 

HEBOH TERKAIT Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Pepres Nomor 82 Tahun 2010 tanggal 5 Mei 2020 tentang Jaminan Kesehatan kenaikan iuran pada kelas 1, 2, dan 3 mulai berlaku tanggal 1 Juli 2020 ditandatangan Presiden Joko Widodo yang dikelolah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 
Baca selengkapnya...

TAGAR INDONESIA TERSERAH; 
LELAH, JENUH ATAU MENYERAHKAH KITA

Kata “terserah” seringkali kita jumpai dan ungkapkan dalam keseharian apabila tidak ingin lagi untuk berpendapat atau memilih untuk mengikuti bergantung pada apa yang diputuskan dan dilakukan oleh orang lain. Dengan pertimbangan dan alasan bahwa pendapat kita juga toh tidak akan berpengaruh apa-apa untuk yang lainnya dalam membuat keputusan atau bahasa anak milenial adalah “bodo amat”. Terserah juga bisa berarti akan melalukan keputusan tersebut walau dengan setengah hati, karena itu bukan sesuatu yang diinginkan, tetapi terpaksa dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap keputusan itu. 
Baca selengkapnya...

Perppu Nomor 2 Tahun 2020, Pilkada Serentak Desember 2020 Dapat Dilaksanakan
 

LAHIRNYA Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo tanggal 4 Mei 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang, merupakan payung hukum untuk terlaksananya Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang terhenti semua tahapan sejak tanggal 1 April 2020 yang lalu. 
Baca selengkapnya...

Renungan Di Tengah Virus Corona Mewabah

Dengan senantiasa mengharap ridha Allah SWT – Tuhan Yang Maha Besar, Tuhan Pemilik Segala Kuasa dan Segala Kehendak, tulisan ini lebih bertujuan untuk mengantar kita pada sejenak merenung, guna menyerap energi ilahiyyah yang bermanfaat untuk memperkuat hati, pikiran, jiwa dan raga setiap insan dalam menghadapi situasi sulit saat ini, di tengah mewabahnya virus corona yang berdampak pada himpitan tuntutan ekonomi dalam kehidupan masyarakat di seantero dunia.
Baca selengkapnya...

LEGITIMASI HUKUM PENUNDAAN PILKADASERENTAK 2020
    
Penundaan Pilkada yang dilakukan oleh KPU melalui surat keputusan KPU Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU /III/2020 Tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, (SK Penundaan) ternyata belum clear secara hukum. Hal tersebut dikarenakan, tidak ada dasar Undang-undang yang kuat untuk melegitimasi dan melegalisasi penundaan melalui SK Penundaan tersebut.
Baca selengkapnya...

PERPPU PENUNDAAN PILKADA SERENTAK 2020
 Corona Virus Desease 2019, yang kemudian disingkat dengan Covid 19 berimplikasi pada berbagai sector kehidupan, termasuk agenda-agenda kenegaraan. Salah satu sector agenda negara yang harus tertunda karena covid 19 ini adalah pemilihan kepala daerah (pilkada) yang seharusnya dilaksanakan pada bulan September 2020 (Pasal 201 ayat (6) UU No.10/2016).
Baca selengkapnya...

Anggaran Pembangunan Satu Tahun Dapat Dibayar Tahun Berikut
GONJANG GANJING tentang Pembangunan Block Office Mini (BOM) atau Kantor Terpadu Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang berada di belakang Balaikota Malang senilai Rp 45,4 miliar dari dana APBD Tahun Anggaran 2020 dihentikan sementara setelah melalui pertimbangan secara saksama. 
Baca selengkapnya...

Pemotongan Gaji ASN Melanggar Peraturan
RAME-RAME, Kepala Daerah di tanah air mengambil  kebijakan jalan pintas untuk memberantas, percepatan penanganan, dan melawan Corona Virus Desease 19 (Covid-19), bukannya menggeserkan anggaran belanja APBD Tahun Anggaran 2020 yang tidak urgen dalam beberapa bulan ke depan, tetapi mereka memangkas gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Wabah Virus Corona Mematikan;
PEMERINTAH DAERAH SEGERA MELAKUKAN PERGESERAN ANGGARAN APBD TA 2020
MEREBAK WABAH Virus Corona (Covid-19) mematikan ini, sudah memasuki Pandemi (Penyerangan Global) ke seantero dunia, termasuk Indonesia dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam presentasenya mengatakan bahwa di Jawa Timur masuk kategori wilayah zona merah adalah Malang dan Surabaya.
Baca selengkapnya...
Alat Perlengkapan Kesehatan Virus Corona Menipis; 
PETUGAS TERTIB PENIMBUN DAN YANG MENAIKAN HARGA
VIRUS CORONA telah menyebar se antero nusantara, seperti menghitung hari saja telah menyebar dan sangat menakutkan insan manusia. Ternyata para pedangan alat-alat kesehatan yang terkait dengan virus ini menaikan harga berlipat ganda.
Baca selengkapnya...

Mengkaji Gagasan Presiden Kembali Dipilih MPR
Rencana Amandemen UUD 1945 yang kelima, menjadi pembicaraan hangat dibanyak kalangan. Awalnya, urgensi dalam melakukan Amandemen UUD 1945 tersebut adalah untuk memasukkan perumusan haluan bernegara kedalam salah satu wewenang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
Baca selengkapnya...

PEMILIHAN KEPALA DAERAH OLEH DPRD TIDAK SESUAI KONSEPSI SISTEM PEMERINTAHAN DAERAH

Sistem pemilihan kepala daerah kembali menjadi perbincangan hangat oleh para elit politik, pengamat, penyelenggara pemilu dan akademisi. Pro kontra antara pemilihan langsung dan pemilihan tidak langsung kembali diperdebatkan dengan berbagai argumentasi dan perspektif.
Baca selengkapnya...

MENERAWANG URGENSI KEBERADAAN
BADAN PERADILAN KHUSUS (BAPERSUS) PILKADA

Penyelesaian perselisihan pilkada melalui lembaga tersendiri/Badan Peradilan Khusus sangat dimungkinkan. 
Baca selengkapnya...

Gonjang - Ganjing Rezim Pemilihan Di Daerah Dalam Sistem Pemilihan (Electoral System)  Di  Indonesia



Perdebatan sistem pemilihan di daerah, belum menemukan kata sepakat hingga saat ini, baik secara teoritis maupun secara normative sitem pemilihan di daerah apakah dimasukkan ke dalam rezim pemilihan kepala daerah secara mandiri ataukah menyatu ke dalam rezim pemilihan umum belum menemukan titik temu yang ajeg. 

Atribusi Wewenang Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020



Wewenang merupakan modal dasar bagi lembaga Negara untuk melaksanakan tugasnya-tugasnya. Tanpa adanya wewenang lembaga Negara akan menjadi lembaga muspro dan mubaddir. Dalam system negara hukum seperti Indonesia, Negara sebagai lembaga kekuasaan harus dijalankan oleh lembaga yang memiliki wewenang yang jelas (wetmatigheid van bestuur). 
Baca selengkapnya...

Cinta Dalam Cengkraman Kapitalisme



Cinta adalah kata yang tidak asing lagi bagi Manusia semenjak Manusia itu mampu memahami Kehidupan. Cinta memiliki arti yang begitu hebatnya. Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi.
Baca selengkapnya...

0 komentar:

Posting Komentar