Sabtu, 12 Juni 2021

Mengenal Lebih Jauh Sosok Kapolresta Malang AKBP Budi Hermanto; WARGA MENANTI IDE CEMERLANG DAN MERASA AMAN

NAGiNEWS, KOTA MALANG - Mengenal lebih jauh seorang Kapolresta Malang Kota  Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budi Hermanto, perwira menengah Polri kini menduduki jabatan Kapolresta Malang Kota menggantikan Kombes Pol Leonardus Simarmata, sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1129/VI/KEP/2021 yang di keluarkan pada 1 Juni 2021 lalu dan baru dilantik di Markas Polisi Daerah (Mapolda) Jawa Timur oleh Irjen Polisi Nico Afinta.

Kapolresta Malang Kota  Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budi Hermanto (Foto: Istimewa).

Sebelumnya masyarakat Kota Malang yang terdiri dari beragam etnis, agama, suku, budaya berbangga, karena Kapolresta Malang Kota telah mencatat segudang prestasi. Salah satu kebanggan adalah menerima penghargaan Pin Emas Kapolri sebanyak 2 (dua) kali yaitu Oktober 2020 dan Pebruari 2021 dipersembahkan Kombes Pol Leonardus.

Tercatat prestasi yang dipersebahkan oleh AKBP Budi Hermanto berhasil membongkar sejumlah kasus besar membuat namanya semakin meroket dan dikenal masyarakat serta petinggi Polri.

Budi Hermanto, kelahiran Pekanbaru, Riau 44 tahun  lalu telah membongkar beberapa kasus tindak kriminal. Dalam bertugas dan berkarya memiliki motto hidup, “Lebih Baik Hidup Sehari Sebagai Macan, daripada Hidup Seratus Tahun Sebagai Domba”.

Sebelum menjabat Kapolresta Malang Kota,Budi Hermanto akrab disapa Buher menjabat Wakil Direktur (Wadir) Reskrimsus Polda Kalimantan Selatan. Sederet kasus kriminal berhasil dituntaskan oleh lulusan Akpol 2000.

Buher pernah menjabat sebagai Wadir Resnarkoba Polda Kalimantan Selatan pada Pebruari 2020. Satu bulan kemudian, Ia berhasil menangkap bandar kakap narkotika dengan barang bukti 208 kilogram sabu-sabu dan 53.969 butir ekstasi.

Lima bulan kemudian, Buher memimpin tim gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel, kembali menyita 300 kilogram sabu-sabu asal Malaysia, tepatnya tanggal 6 Agustus 2020. Saat menjabat sebagai Kapolres Batu, Buher mempelopori terciptanya Aplikasi Apel Batu untuk mendukung pariwisata di Kota Apel tersebut.

Aplikasi ini, diluncurkan untuk membantu wisatawan dalam mencari informasi penunjuk jalan, hotel, SPBU, ATM, rumah sakit, dan menyediakan informasi kuliner. Tidak hanya untuk wisatawan, Aplikasi Apel Batu juga melayani masyarakat umum yang akan terhubung langsung pada Command Centre Polres Batu.

Buher anak pasangan Almarhum Muhammad Nasir dan Hj Safniyati pernah melakukan kerjasama dengan Kick Andy Foundation untuk membagikan kaki palsu kepada penyandang disabilitas. Saat itu,  Polres Batu menjadi pihak pertama yang membagikan kaki palsu dalam lingkup Polda Jawa Timur.

Polres Batu bersama Paskhas TNI Angkatan Udara juga pernah membentangkan bendera raksasa seluas 800 meter persegi di langit bandara Abdul Rahman Saleh, dan berhasil tercatat di Rekor Muri.

Buher juga mencetuskan ide untuk mengabadikan Katjung Permadi sebagai nama jalan, menggantikan Jalan Munif atau Jalan Bhayangkara. Katjung Permadi gugur, karena mempertahankan Garya Dermakarse dalam Agresi Militer Belanda kedua pada 1948.

Buher pernah menduduki jabatan sebagai Kapolres Blitar, hanya menjabat selama empat bulan, namun Ia mampu menunjukan dedikasi yang membuat warga Blitar dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat merasa kehilangan sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi ini. Pada acara perpisahannya sebagai Kapolres Blitar, Buher mengadakan acara “Blitar Berbagi Senyum” dengan agenda pelatihan dan pembagian Al Qur’an Braille, kursi roda, dan kaki palsu untuk penyandang disabilitas.

Setiap  kepemimpinan Buher selalu menciptakan ide-ide cemerlang dan cerdas seperti mencegah arogansi di lingkup kepolisian, yang berbunyi “Jika Jadi Pempimpin Belum Bisa Mensejahterakan Anak Buah, Jangan Membebani Anak Buah.”

Itulah kesan-kesan dari masyarakat dan Pemda dimana Buher bertugas dan berkarya. Ada anggota masyarakat yang sampe meneteskan air mata mendengar Buher pindah tugas. Masyarakat Kota Malang akan melihat ide-ide yang menyentuh masyarakat untuk Polri sebagai pengayom, membimbing, dan menjaga tertib berlalulintas, rasa aman dan warga menjadi polisi bagi lingkungan sendiri..Semoga sukses dan bintang satu di pundak menanti Buher. (berbagai sumber/rik/sam/ris/oskar)

0 komentar:

Posting Komentar