Rabu, 05 Mei 2021

Santunan PT ACA Malang di Kecamatan Kalipare; ANAK YATIM PENDERITA DOWN SYNDROM

NAGiNEWS, MALANG - Memasuki hari keempat Safari Ramadhan  Pekan Islami ke XIV, Rabu (5/5/2021) oleh PT Anugerah Citra Abadi (ACA) kepada anak yatim dan dhuafa di Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang sebanyak 212 anak.

Dalam pembagian santunan, ditemukan salah satu anak yatim penderita Down Syndrome ayahnya meninggal empat tahun silam, dan tinggal dengan ibunya yang tidak bekerja serta sakit-sakitan. PT ACA menyalurkan santunan kepada 212 anak yatim dan dhuafa di Balai Desa Sukowilangun. "Zulfatul Laila Ramadan (12), seorang anak penderita down syndrome asal Desa Sumberpetung, Kecamatan Kalipare yang berada di antara anak-anak yatim penerima santunan  PT ACA", ceritera Slimuryanto, ayahnya meninggal empat tahun lalu.

Kepala Desa Sukowilangun, Slimuryanto menyerahkan secara simbolis santunan dari PT ACA kepada anak-anak yatim di wilayahnya. “Zulfa tidak bersekolah hanya sempat mengenyam pendidikan di TK dan hanya sebentar bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah, namun kemudian putus sekolah",  kata Dina selaku pendamping Zulfa.

PT ACA memberikan santunan kepada ratusan anak yatim dan dhuafa di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan Lain. PT ACA, juga telah memberikan sumbangan kepada ratusan anak yatim dan dhuafa di Kecamatan Turen.

Dijelaskan Dina, orangtua Zulfa tidak mampu menyekolah Sekolah Luar Biasa (SLB). Selain jaraknya cukup jauh yang terdekat berada di Sumberpucung dan Karangkates. Selain itu, terkendala ketiadaan biaya. "Untuk kehidupan sehari-hari, keluarga Zulfa selama ini dibantu oleh kakak-kakaknya yang sudah bekerja", ujar Dina, dan mengucapkan  banyak terima kasih kepada PT ACA atas kepeduliannya kepada para anak yatim, termasuk Zulfa.

Down syndrome adalah kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya memiliki tingkat kecerdasan yang rendah, dan kelainan fisik yang khas. Kelainan genetik ini terjadi ketika ada satu salinan ekstra dari kromosom nomor 21. Kromosom atau struktur pembentuk gen normalnya berpasangan, dan diturunkan dari masing-masing orang tua.

Di tempat yang sama, Kholifah selalu pengurus Fatayat Sukowilangun, Kecamatan Kalipare menjelaskan cara timnya menjaring anak-anak yatim dan dhuafa calon penerima santunan dari PT ACA. “Kami mendata secara rumah ke rumah. Karena di desa kami tidak ada panti asuhan", tutur Kholifah, jadi dikumpulkan anak yatim dan dhuafa sesuai kriteria umur yang ditentukan.

Sementara itu, Kepala Desa Sukowilangun, Slimuryanto memuji dan mengapresiasi kepada Komisaris PT ACA, Iwan Kurniawan, yang setiap tahun menggelar kegiatan sosial, termasuk memberikan santunan kepada anak-anak yatim di desanya. “Semoga Pak Iwan selalu sehat, dan bisa ketemu kembali di tahun-tahun mendatang. Kebetulan hari ini merupakan hari yang berkah. Sebelumnya ada pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa dari para RT dan RW, selanjutnya ada santunan kepada guru ngaji", kata Slimuryanto, disusul santunan dari PT ACA.

Acara Pekan Islami Ke-14 tahun 2021 i empat titik. Dengan rincian 51 anak di TK Dewi Masithoh I Pangganglele, 53 anak di Balai Desa Sukowilangun, 51 anak di Aula Kecamatan Kalipare, dan 57 anak di Balai Desa Tumpakrejo. Penerapan protokol kesehatan menjadi syarat wajib penyelenggaraan Pekan Islami PT ACA.

Camat Kalipare, Gatot Yuda Setiawan mengatakan kehadiran PT ACA di wilayahnya ini membuat gembira anak-anak yatim dan dhuafa, terutama di saat ini pandemi Covid-19. “Semoga iktikad baik Komisaris  PT ACA Pak Iwan Kurniawan  dapat memberikan manfaat yang luas dan mendapatkan balasan dari Allah SWT", tegas Gatot, dan atas nama pimpinan wilayah bersama Kapolsek, Danramil serta masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pak Iwan membagi santunan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Di tempat berbeda, Kepala Desa Tumpakrejo, Heru Sembodo memuji atas kepedulian PT ACA, yang selama 14 tahun selalu memberikan santunan kepada anak yatim di Kabupaten Malang. (dan/ger/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar