Rabu, 26 Mei 2021

Proses Hukum Gubernur Jatim Khofifah; POLISI DIUJI PELANGGARAN PROKES SEPERTI HABIB RIZIEQ

NAGiNEWS, JAKARTA – Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 pesta ulang tahun ke-56 Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa rame dilaporkan masyarakat termasuk beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sangat jelas terlihat dari video yang viral di jagat maya.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)

Presiden LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), HM. Jusuf Rizal mengatakan, ada pertanyaan besar yang muncul di benak publik. Beranikah Polisi memproses hukum Khofifah sebagaimana yang dilakukan terhadap Habib Rizieq Shihab yang diproses hukum bahkan dipenjara karena melanggar Prokes Covid-19. "Kepolisian sebagai penegak hukum tidak tebang pilih. Rakyat melihat dan akan menilai apakah Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dengan program Presisinya benar-benar dapat bertindak tegas seperti kepada ulama Habib Rizieq", tegas Jusuf, jangan sampai kepada gubernur kepolisian tidak berani, kepada media di Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Jusuf Rizal juga Ketua Presidium Relawan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin The President Center mendapat banyak pertanyaan dari wartawan, karena beredar informasi kasus pelanggaran Prokes pada pesta ulang tahun Khofifah tidak akan diproses hukum.

Kabarnya, lobi-lobi politik dilakukan pihak Khofifah disertai argumen bantahan atas pelanggaran Prokes tersebut. “Jika pelanggaran Prokes Gubernur Jatim, Khofifah tidak diproses hukum, Polisi sama dengan meludahi dan menampar muka Presiden Jokowi. Seperti menelanjangi dan mengesankan kasus pelanggaran Prokes Habib Rizieq adalah urusan politik", ujar Jusuf aktivis pekerja dan buruh.

Jusuf mengingatkan, bahwa sebagai relawan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin The President Center, para Relawan memiliki kewajiban untuk mengawal berbagai kebijakan Presiden Jokowi terkait penanggulangan Covid-19, termasuk dalam mematuhi Prokes tanpa pandang bulu. Tidak terkecuali bagi Gubernur Jatim, Khofifah saat perayaan ulang tahunnya pada 19 Mei 2021. "Pelanggaran Prokes Khofifah adalah ujian bagi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Jika, tidak ada tindakan hukum, maka kedepan akan menjadi preseden buruk. Masyarakat akan menjadikan kasus Khofifah untuk melakukan pelanggaran prokes. Sementara penyebaran Covid-19 terus meningkat", beber Jusuf kader NU yang juga Ketum PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia).

Jusuf juga mewanti-wanti Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afanta agar turut mengamankan kebijakan Presiden Jokowi dalam Prokes Covid-19, khususnya di Jawa Timur. Menindak tegas siapapun yang melakukan pelanggaran Prokes, termasuk Gubernur Jatim, Khofifah yang pelanggarannya telah dilapolkan oleh LSM LIRA Jawa Timur.

Secara terpisah, Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH.Abdulsalam Shohib mengatakan pelanggaran prokes yang dilakukan Gubernur Jatim Khofifah harus diproses hukum. Jika tidak diproses hukum sama sekali, itu akan memberi kesan kurang baik di masyarakat. (jos/dom/deli/oskar)

0 komentar:

Posting Komentar