Senin, 26 April 2021

Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat;RUMAH TUMBUH UNTUK PENGHUNI TENDA

NAGiNEWS, MALANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengubah spesifikasi bangunan bantuan rumah kepada korban terdampak bencana alam gempa bumi dengan penerapan konsep desain Rumah Tumbuh.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat.

Menurut Wahyu, konsep rumah tumbuh yang akan menyatukan dengan rumah induk milik korban bencana. "Sebelumnya konsep rumah sederhana, namun sekarang tidak jadi. Pemkab akan buat desain lagi. Semula sudah peletakan batu pertama tinggal pondasinya", ujar Wahyu, mantan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang, rumah tumbuh ini bisa menyatu dengan rumah induk.

Selanjutnya dijelaskan Wahyu, konsep rumah tumbuh tidak menelan biaya yang besar, bila dibandingkan dengan rumah sederhana sebesar Rp14 juta hingga Rp25 juta", papar Wahyu, nilainya cukup jauh dari yang pernah ditetapkan dan juga dana dihimpun dari berbagai donatur dengan beberapa skema yang diatur Pemkab Malang.

Diuraikan Wahyu, rumah tumbuh ini, secara pendanaan berbeda. Semuanya dari donatur, sedangkan dana yang siap digunakan dari anggaran BPBD Kabupaten Malang dan Pemkab tambah dari anggaran BTT. "Kami siapkan setiap rumah tumbuh membutuhkan dan sebesar Rp10 juta", jelas Wahyu mantan Kepala DPKPCK Kabupaten Malang, jumlah rumah tumbuh yang akan dibangun mencapai 300 unit, diestimasi dana sekitar Rp300 juta. (rik/ris/oskar)

0 komentar:

Posting Komentar