Sabtu, 10 April 2021

Penjelasan Resmi BMKG Soal Gempa Bermagnitudo 6,7; TERASA GUNCANGAN MALANG SELATAN SAMPAI JOGJAKARTA

NAGiNEWS, MALANG – Gempa Bumi bermagnitudo 6,7 SR terjadi pada, Sabtu (10/4/2021) siang sekitar pukul 14.05 WIB, tidak hanya dirasakan masyarakat Malang Raya. Hampir seluruh daerah Jawa Timur merasakan dampaknya terutama kawasan pesisir Malang Selatan, Lumajang dan Blitar. Bahkan terasa sampai di Semarang.

Foto: Istimewa.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika, Karangkates, Malang, Mamuri mengatakan, gempa bumi di Malang tersebut berjenis gempa tektonik. "Berdasarkan rilis BMKG pusat, kejadianya tepat pukul 14.00 WIB. Beberapa masyarakat di Jatim dan pesisir selatan Samudra Hindia terkena dampak gempa dengan kekuatan mencapai 6,7 magnitudo ini", jelas Mamuri, Sabtu (10/4/2021). "Guncangan akibat gempa tektonik itu terasa oleh hampir semua penduduk Malang, Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Mojokerto", ujar Mamuri, tetapi kemungkinan tidak terjadi tsunami, tetapi waspada.

Menurut Mamuri, gempa ini juga dirasakan masyarakat di daerah Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, dan Banjarnegara" urai Mamuri.

Jika dilihat dari lokasi terdampak, kata Mamuri, itu merupakan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. "Artinya gempa bumi ini, terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)", papar Mamuri,  mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh hoaks, namun tetap menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. (rik/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar