Kamis, 25 Maret 2021

Anggota DPRD Kabupaten Malang; SOSIALISASI PENGGUNAAN DANA DESA

NAGiNEWS, MALANG- Anggota DPRD Kabupaten Malang, mengawas penggunaan Dana Desa (DD) di setiap desa dalam rangka mendukung percepatan program pembangunan desa.

Foto: Istimewa

Hal ini, dilakukan di Pendopo Kabupaten Malanh, Kamis (25/3/2021) dihadiri Miskat juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang sebagai narasumber, Mustofa, Sroni, dan Unggul Nogroho.

Dijelaskan Miskat, DD adalah dana yang di alokasikan dalam APBN diperuntukkan bagi desa ditransfer, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang. "DD ini, digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan, pembangunan, pembinanaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat", ujar Miskat, dari Fraksi Partai Golkar.

DD dihiitung, menggunakan dua aspek pendekatan, yaitu Pertama aspek pemerataan tercemin dari alokasi dasar dimana setiap desa mendapatkan nilai yang sama, dan Kedua keadilan tercermin dari formula yang ditetapkan berdasarkan, beberapa komponen dalam desa tersebut. "Peran pemerintah desa dalam mengelola, pembangunan desa, sebagai aktivitas yang di lakukan oleh masyarakat bisa sebagai kebutuhan bersama", urai Miskat, pembangunan bisa memanfaatkan sumber daya pembangunan telah dimiliki.

Setelah setiap, kabupaten mendapatkan besaran pagu DD, menurut Miskat 90 persen diantaranya, dibagi menjadi alokasi dasar DD yang dibagi rata kepada seleruh desa dalam Kabupaten. "Sisa 10 persen di bagikan kepada desa dalam bentuk alokasi formula berdasarkan, kriteria jumlah penduduk miskin desa, luas wilayah, dan indeks kesulitan geografis", tutur Miskat, DPRD berkewajiban menjelasan tentang penggunaan DD.

Sementara Anggota DPRD Unggul Nugroho dari Partai Gerinda mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pedoman, Pengelolaan Keuangan Desa. Permendagri ini, bertujuan untuk memudahkan dalam pelaksanaan, pengelolaan keuangan desa, sehingga tidak menimbulkan multitafsir dalam penerapan.(rik/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar