Kamis, 25 Februari 2021

Kabiro Administrasi Otoda Jatim Jempin Marbun; PELANTIKAN KEPALA DAERAH DILAKUKAN TIGA SESI

NAGiNEWS, SURABAYA - Kepala Biro Administrasi dan Otonomi Daerah Pemerintahan Propinsi Jawa Timur, Jempin Marbun mengatakan, acara Pelantikan 17 Bupati dan Wakil Bupati dan Wakikota dan Wakil Walikota (Kepala Daerah) yang melakukan pemilihan di Jawa Timur Jumat tanggal 26 Pebruari 2021 dibagikan dalam tiga sesi.

Foto: Istimewa

Dijelaskan Jempi proses pelantikan itu juga akan dilakukan secara virtual bagi undangan di daerah masing-masing, sedangkan yang datang di gedung Grahadi Surabaya hanya Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota beserta istri. “Berdasarkan rapat koordinasi secara virtual dengan Dirjen Otonomi Daerah, dan Sekda seluruh daerah yang melakukan Pemilihan, maka pelantikan akan digelar Jumat lusa dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan", kata Jempin, Rabu (24/2/2021) kepada wartawan.

Selanjutnya dijelaskan Jempin acara pelantikan dilakukan oleh Gubernur Jatim atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dilakukan di ibu kota propinsi di Gedung Grahadi Surabaya atas pertimbangan pandemi. “Proses pelantikan ini, adalah momen yang sakral, dan sangat diharapkan oleh kepala daerah terpilih untuk dilantik secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, tetapi pemerintah tidak ingin pelantikan nanti menjadi klaster baru Covid-19", ungkap Jempin dalam pelantikan nanti ada satu ruangan yang dibatasi maksimal 25 orang, tetapi akan dibagi tiga sesi acara.

Adapun sesi pertama kata Jempin, akan dilakukan pukul 09.00 WIB sampe selesai yang diikuti oleh 6 (enam) daerah. Pada sesi kedua mulai pukul 13.00 WIB dan diikuti oleh 6 (enam) daerah, dan pada sesi ketiga dimulai pukul 16.00 WIB akan diikuti oleh 5 (lima) daerah.

Diketahui, 17 kepala daerah yang dilantik adalah Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Gresik, Jember, Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lamongan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep dan Trenggalek. Sedangkan Pacitan dan Tuban masih menunggu masa jabatan kepala daerahnya berakhir. "Masa jabatan Bupati Pacitan Indartato sendiri akan berakhir pada 4 April 2021, dan masa jabatan Bupati Tuban Fathul Huda adalah 20 Juni 2021.(dom/an/oskar)

0 komentar:

Posting Komentar