Senin, 01 Februari 2021

Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang Syamsul Hadi; PENILAIAN DITJEN CIPTA KARYA PUPR MASUK PERINGKAT III NASIONAL

NAGiNEWS, MALANG – Direktur Utama (Dirut) Perusahan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi mengatakan atas penilaian Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Perumda Tirta Kanjuruhan masuk Peringkat III Nasional. Penilaian ini,  melalui Direktorat Air Minum pada tanggal 28 Januari 2021  meluncurkan buku tentang penilaian kinerja terhadap 387 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Perusahan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi (Foto: Istimewa).

Menurut keterangan Syamsul, penilaian Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, berhasil menduduki peringkat 3 Tingkat Nasional pada Kelompok Jumlah Pelanggan > 100.000 SR dengan nilai 4,10, setelah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang dan Perumdam Tirta Raharja Kabupaten Bandung, yang memiliki nilai masing masing 4,28 dan 4,13.  "Capaian ini, merupakan hasil kerja keras jajaran Perumda Tirta Kanjuruhan untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Malang, walaupun di tengah Pandemi Covid- 19", jelas Syamsul, dua periode menjadi Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan kepada wartawan, Senin (1/2/2021).

Dikatakan Syamsul, prestasi ini,  berkat kerja keras teman-teman yang telah membuahkan hasil, dengan kenaikan kinerja 3 peringkat. Tahun 2019 lalu kami berada di posisi ke-6, dan Tahun 2020 kemarin kami berhasil naik ke peringkat ke-3 Nasional. "Penilaian Ditjen Cipta Karya PUPR berdasarkan kinerja BUMD Air Minum atau Perumda atas empat aspek, yakni tentang keuangan, pelayanan, Operasional, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Ada empat aspek dalam penilaian itu, tapi untuk aspek SDM ada 18 indikator penilaian kinerja, salah satunya tentang pelayanan dan inovasi baru", urai Syamsul berharap dengan adanya hasil penilaian kinerja ini dapat memotivasi seluruh jajaran pegawai Perumda Tirta Kanjuruhan untuk lebih meningkatkan lagi semangat dalam melayani masyarakat, dan membangun inovasi baru.

Selanjutnya dijelaskan Syamsul, dalam penilaian itu, Perumda Tirta Kanjuruhan memiliki nilai 4,10, tentunya sebagai perusahaan yang kini dalam kondisi sehat. "Apalagi, kami memiliki pelanggan terbesar yakni mencapai 133, 987 pelanggan, itulah salah satu aspek yang membuat Perumda Tirta Kanjuruhan masuk urutan ke tiga", harap Syamsul,  berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang akan dilakukan di Tahun 2021.

Menurut Syamsul, agar dapat mengatasi kekeringan yang kerap melanda di enam kecamatan di Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Bantur, Pagak, Donomulyo, Subermanjing Wetan, Gedangan, dan Kalipare pembangunan SPAM itu rencananya akan dikerjakan selama dua tahun. "Targetnya Tahun 2023 sudah mulai dapat difungsikan. Sumber air yang dimanfaatkan untuk kebutuhan air baku SPAM tersebut, akan ambil dari aliran Sungai Lesti di kawasan Malang Selatan, yang anggarannya kita siapkan sebesar Rp500 miliar", ceritera Syamsul, berterima kasih kepada Ditjen Cipta Karya PUPR yang telah memberi penilainnya.(rik/bal/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar