Selasa, 11 Agustus 2020

Sekda Kabupaten Malang Dr. Wahyu Hidayat; TIDAK ADA KARNAVAL PEMKAB GELAR UPACARA HUT KEMERDEKAAN KE 75 SESUAI PROTOKOL COVID-19


NAGiNEWS-MALANG, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Dr. Wahyu Hidayat, MM mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memastikan upacara peringatan HUT ke-75 RI akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2020 sesuai protokol kesehatan. Tetapi, untuk perayaan karnaval tidak diperbolehkan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Wahyu Hidayat, MM  (Foto: Istimewa).
Selanjutnya dijelaskan Wahyu, walaupun di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), upacara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia itu digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Pasukan pengibar bendera nantinya hanya menggunakan tiga orang saja", tegas Wahyu, kepada wartawan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin, (10/8/2020), mantan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang.

Dijelaskan tahun ini, tidak akan menggunakan puluhan orang, tapi hanya. Upacara tidak banyak-banyak. "Kami batasi supaya tidak memunculkan keramaian. Dengan pembatasan pasukan pengibar bendera, tempat digelar upacara juga berbeda yang sebelum-sebelumnya digelar di stadion luar Kanjuruhan, Kepanjen, kini digelar di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim Nomor 7, Kota Malang", ungkap Wahyu mantan Camat Tajinan.

Menurut Wahyu, juga batasi pesertanya. Biasanya Aparatur Sipil Negara (ASN) semuanya ikut. "Kini, hanya perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja. Tidak banyak-banyak. Setelah upacara kemerdekaan, mereka akan melanjutkan sesi Video Conference (Vidcon) mendengar arahan dari Presiden RI Jokowi bersamaan kepala daerah seluruh Indonesia", ujar Wahyu mantan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCP) Kabupaten Malang.

Wahyu, mengatakan kegiatan karnaval ditiadakan, dan tidak diperbolehkan, karena masih pandemi, sehingga ada larang karnaval Agustusan. "Seluruh Camat telah dikumpulkan untuk membahas pelarangan karnaval tahun ini. Selain itu, Satgas Covid-19 per kecamatan juga ikut dikumpulkan", harap Wahyu, agar semua Camat mematuhi larangan dan harus sesuai dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Pelarangan kegiatan karnaval kata Wahyu, telah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbub) Malang Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tatanan Kebiasaan Baru Covid-19. "Kami tidak membuat surat edaran tentang pelarangan karnaval. Karena di Perbup sudah ada, semua kegiatan yang memunculkan keramaian akan kami dibatasi", kata Wahyu. (rik/bala)

0 komentar:

Posting Komentar