Minggu, 19 April 2020

Surabaya-Sidoarjo-Gresik; SEPAKAT BERLAKUKAN PSBB


NAGiNEWS-SURABAYA,  Hasil pertemuan antara Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota Surabaya, Plt Bupati Sidoarjo dan Plt Sekda Kabupaten Gresik di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (19/4/2020) petang, sepakat mengambil keputusan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagi ketiga daerah ini. 
Pertemuan antara Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota Surabaya, Plt Bupati Sidoarjo dan Plt Sekda Kabupaten Gresik di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu 19/4/2020 (Foto: Istimewa).
Walikota Surabya, Risma datang ke Grahadi bahas PSBB, karena tertinggi penambahan Corona Virus Desease 19 (Covid-19) dengan cara menerapkan PSBB agar memutuskan hubungan dan pencegahan Corona. "Kesepakatan bahwa, hari ini sudah saatnya di Kota Surabaya, sebagian Kabupaten Gresik dan sebagian Kabupaten Sidoarjo diberlakukan PSBB", jelas Khofifah, mantan Menteri Sosial, saat Konferensi Pers.

Dikatakan Khofifah, tracing yang sangat detail sudah dilakukan di tiga daerah. "Jadi, untuk itu bisa menghentikan penyebaran Covid-19. Kami akan membahas secara detail melalui Peraturan Gubernur (Pergub) menyangkut PSBB", ujar Khofifah, dengan Peraturan Bupati dan Walikota akan diteruskan ke Menteri Kesehatan.

Di sela-sela pertemuan tersebut, Khofifah  mengapresiasi atas minuman Pokak yang di bawa oleh Walikota Surabaya Risma. “Saya berkeringat setelah minum wedang Pokak. Resepnya saja Bu Risma saya dikasih, agar bisa bikin sendiri dan kita sehat semua. Aamin,” bercanda Khofifah orang pertama wanita Gubernur Jatim.

Selanjutnya Khofifah menjelaskan untuk menetapkan suatu wilayah sebagai PSBB banyak persyaratan yang harus dipersiapkan kepala daerah. "Secepatnya, ketiga kepala daerah berkoordinasi", tegas Khofifah, surat permohonan itu ditujukan kepada Menteri Kesehatan melalui Gubernur.

WaliKota Surabaya, Tri Rismaharini yang diminta komentar oleh kawan-kawan media, menyangkut keputusan PSBB ini, tidak berkenan memberikan pernyataan. "Pihaknya akan merapatkan hasil keputusan yang diambil di Grahadi pada hari. Ini baru diputuskan. Kami akan menggelar koordinasi dahulu secara internal", ujar Risma, semua harus dipersiapkan secara matang, dan berkoordinasi ketiga kepala daerah, secepatnya diberlakukan PSBB. (domi/irin/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar