Selasa, 07 April 2020

Kepala Bapenda Kabupaten Malang Purnadi; PREDIKSI PAD TIDAK MEMENUHI TARGET 50 PERSEN


NAGiNEWS-MALANG, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang, Dr. H. Purnadi, MSi, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memprediksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2020 tidak mencapai target sekitar 50 persen. Hal ini, karena wabah Corona Virus Desease 19 (Covid-19) menyerang tanah air, termasuk Kabupaten Malang.
Foto: Istimewa
Dikatakan Purnadi, pihaknya memprediksi  PAD Tahun 2020 hanya terpenuhi sekitar 40 % hingga 50 % dari total target Tahun 2020 sebesar Rp 715 miliar. "Prediksi yang riil sesuai kenyataan di lapangan, kita sesuaikan dengan kondisi daerah yang terdampak dari mewabahnya Covid-19", pungkas Purnadi, mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang kepada wartawan (7/4/2020) usai acara Video Telekonfrensi Musrenbang di Pringgitan Kabupaten Malang.

Selanjutnya Purnadi menjelaskan, pada bulan Januari lalu PAD Pemkab Malang mencapai  Rp 9 miliar, bulan Pebruari naik Rp 24 miliar, dan bulan Maret PAD sudah mencapai Rp 14 miliar. "Artinya, jika wabah Covid-19 hingga bulan Mei mendatang, maka prediksi PAD tidak terpenuhi hingga 40 sampai 50 persen", ungkap Purnadi, mantan Kepala Dinas Lalu Lintas dan Jalan Raya Kabupaten Malang.

Purnadi memberi ilustrasi seperti di sektor Restribusi Pajak Hotel dan Restaurant yang saat ini turun drastis, di banding tahun lalu yang tercapai sebesar Rp 16 miliar. "Peroleh laporan dari Ketua Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI),  saat ini tingkat okupansi hotel dari 100 kamar hanya tinggal satu kamar yang terisi", kata Purnadi, ini hanya gara-gara Corona, tetapi pihaknya tetap optimis situasi akan membaik.

Berkurangnya PAD, Purnadi berharap Pemkab akan berhemat terkait pembelanjaan. "Saat ini, pemerintah memprioritaskan biaya kegiatan operasional. Masalah pembamgunan atau kegiatan-kegiatan fisik dibatasi untuk menekan biaya belanja. Jika, ada percepatan pembahasan Perubahan Anggaran Tahun Anggaran 2020, pihaknya akan mengajukan ulang", harap Purnadi, tidak mematok target karena harus sesuaikan dengan kondisi. (bala/rik/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar