Rabu, 15 April 2020

Hari Ini Mencegah Covid-19; PEMKAB MALANG TERAPKAN PSBB TINGKAT DESA


NAGiNEWS-MALANG, KEPANJEN, Bupati Malang, HM. Sanusi menegaskan hari ini, Rabu (15/4/2020) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hanya pada tingkat desa untuk memutuskan dan mencegah Corina Virus Desease 19 (Covid-19)
HM.Sanusi (Foto: Istimewa)
Menurut Sanusi, Village Physical Distancing (VPD) lebih cocok  diterapkan di 390 desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Malang. "Pembatasan sosial yang dilakukan adalah membatasi mobilitas warga desa keluar dan masuk dari wilayahnya. Kebijakan yang diambil Pemkab guna mencegah penyebaran Covid-19 dilaksanakan selama 14 hari", ungkap Sanusi, sudah memerintah kepala desa/lurah dan perangkat desa/kelurahan, bahkan sampai ke RT/RW mengawasi warganya masing-masing.

Penerapan VPD kata Sanusi, dimulai hari ini dilakukan dengan memasang portal di perbatasan desa. Ada check point juga di sana. "Pemantau dan pencegahan dilakukan petugas di desa/kelurahan satu kali 24 jam, sehingga bisa mencegah mewabahnya Corona", jelas Sanusi kepada wartawan di lokasi, dan untuk para pendatang wajib masuk safe house.

Sanusi mewajibkan masyarakat yang datang dari luar wilayah Kabupaten Malang melakukan safe house seperti dikarantina. "Saya mengajak kepada masyarakat bersikap jujur kepada petugas. Hal ini, untuk mencegah terjangkitnya wabah kepada orang yang di rumah dan lingkungannya", harap Sanusi mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, aparat dan petugas di desa benar-benar mengawasi.(rik/bala/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar