Sabtu, 18 April 2020

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa; PANGGIL TIGA KEPALA DAERAH MENINDAKLANJUTI PSBB


NAGiNEWS-SURABYA, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, akhirnya mengambil sikap tegas, dengan memanggil tiga kepala daerah Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo untuk menindaklanjuti pembahasan  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mewabahnya Corona Virus Desease 19 (Covid-19).
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim di Gedung Grahadi (Foto: Istimewa).
Gubernur Khofifah memanggil ketiganya berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Rapat ini, membahas situasi darurat penyebaran penyakit Covid-19, Minggu (20/3/4/2020) jam 14.00 WIB di Gedung Nagara Grahadi,  Surabaya.

Menurut Khofifah, yang  melandaskan sikapnya itu, berdasarkan hasil penilaian (scoring) dengan metode evaluasi epidemiologi seperti diatur Peraturan Menteri Kesehatan tentang PSBB. "Hasil scoring yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) menunjukkan, Surabaya memiliki skor 10 atau angka tertinggi dari skala evaluasi. Catatannya, Surabaya sudah melewati empat
 kali doubling time. Lalu juga sudah terjadi transmisi level dua", jelas Khofifah, mantan Menteri Sosial, hal ini sudah terjadi transmisi lokal dan transmisi lintas wilayah.

Dikatakan Khofifah, sehingga PERSI menekankan pentingnya penerapan status PSBB untuk kota Surabaya, dalam Konferensi Pers di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (18/4/2020). "Saat ini, kasus Covid-19 sudah tersebar merata di 31 Kecamatan di Surabaya dengan total kasus positif yang terus meningkat menjadi 270 orang pada Sabtu. Peningkatan jumlah kasus juga terjadi di Sidoarjo dan Gresik", papar Khofifah, menyikapi perkembangan itu, Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur akan memanggil ketiga kepala daerah pada Minggu (19/4/2020) Forkopimda, untuk menentukan tindak lanjut penerapan PSBB. (domi/irin/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar