Minggu, 12 April 2020

Forkopimda Kabupaten Malang; PANTAU KESIAPAN POSKO CHECK POINT MUDIK TERPADU


NAGiNEWS-MALANG, Mengantisipasi penyebaran Corona Virus Desease 19 (Covid-19), Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang melakukan pengecekan Posko Ceck Point Mudik Terpadu di enam titik lokasi, Sabtu (11/4/202).
Foto: Istimewa
Pengecekan Posko Terpadu Ceck Point, anggota Forkopimda Bupati Malang, HM Sanusi, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol (inf) Ferry Muwazzad, bersama Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait.

Bupati Malang HM Sanusi mengatakan pengecekan Posko Terpadu, sebagai bentuk pengembangan Physical Distancing yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten. "Posko terpadu ini, dilakukan untuk memperketat akses keluar masuk masyarakat, agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang", ujar Sanusi, mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang.

Sanusi yang mantan Wakil Bupati Malang mengharapkan, dengan Posko ini dapat meminimalisir adanya penyeberan Covid-19 di wilayah Kabupaten Malang, karena kebanyakan penyeberan Covid-19 ini kebanyakan berasal dari luar daerah. "Posko Terpadu ini, dapat meminimalisir penyeberan Covid-19. Biasanya dari warga Kabupaten Malang yang berpergian keluar daerah, kemudian pulangnya ternyata membawa virus, itu yang ditakutkan", kata Sanusi, maka pihaknya telah mempersiapkan lokasi transit atau karantina untuk beberapa harus sesuai protokol kesehatan.

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar menjelaskan di Kabupaten Malang ada Enam Ceck Point Mudik Terpadu berada di daerah perbatasan untuk dilakukan pengecekan suhu badan bagi para pendatang. "Keenam titik check point ada di Jalan Raya Lawang perbatasan dengan Kabupaten Pasuruan, Rest Area Jalan Tol Dengkol Singosari, Exit Tol Lawang, Jalan Raya Ampelgading perbatasan dengan Kabupaten Lumajang, Jalan Raya Sumberpucung perbatasan dengan Kabupaten Blitar, dan Pelabuhan Sendang Biru", ungkap AKBP Hendri, kepada wartawan saat meninjau lokasi.

Dikatakan AKBP Hendri untuk jam operasional keenam Posko Terpadu beroperasi selama 24 jam nonstop. “Posko ini, dijaga oleh petugas dari unsur TNI, Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, Linmas dan relawan", tegas AKBP Hendri, mereka akan dibagi tiga sift, pergantian setiap delapan jam sekali.

Komandan Kodim (Dandim) 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol (inf) Ferry Muwazzad mengharapkan masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan Pemerintah dalam percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang. "Posko Ceck Point ini, untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini semakin masif", pesan Letkol Inf Ferry, bagi petugas, hati-hati, jangan sampai menjadi korban dan penyebar Covid-19.(rik/oskar)

0 komentar:

Posting Komentar