Minggu, 29 Desember 2019

Pilkada 2020 Tugas Berat Panwas Kecamatan; MEREKRUT PENGAWAS PEMILIH LAPANGAN DI 390 DESA/KELURAHAN BULAN PEBRUARI


NAGiNEWS-MALANG, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang melantik 99 orang Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Penwas Kecamatan) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020. Tugas berat adalah memilih Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) di 378 Desa dan 12 Kelurahan yang tersebar di 33 Kecamatan.
Foto: Istimewa
Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Muhamad Wahyudi, SE, mengatakan bahwa ada beberapa tugas pokok yang harus dijalankan oleh Panwas Kecamatan diantaranya merekrut PPL di Desa/Kelurahan pada bulan Pebruari 2020 dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (Pengawas TPS) pada bulan September 2020. "Awalnya Panwas Kecamatan akan mengawal tahapan pencalonan perorangan. Mereka akan memverifikasi berkas-berkas persyaratan dan penyerahan syarat minimal dukungan serta verifikasi administrasi", ungkap Wahyudi, juga mereka bertugas untuk mensosialisasikan calon perseorangan itu ke masyarakat.
Foto: Istimewa
Dijelaskan Wahyudi, Sebanyak 99 orang Panwas Kecamatan terbagi dalam 33 kecamatan. "Masing-masing kecamatan terdapat 3 orang Panwas Kecamatan yang terdiri dari seorang ketua dan dua anggota. Kami mengharapkan  agar terjaga integritasnya, kami akan berikan mereka dengan pembekalan berupa pengetahuan Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan  Profesionalitas (SIMP). Itu yang kami tekankan", kata Wahyudi, juga Bimbingan Teknis (Bimtek), Rapat Kerja (Raker), dan Rapat Koordinasi (Rakor).
Foto: Istimewa
Dikatakan Wahyudi, para Panwas Kecamatan akan berkerja selama 10 bulan. Mulai pra hingga selesai Pilkada. "Selama bertugas, Ketua Panwas Kecamatan akan mendapatkan honor/uang kehormatan sebesar Rp 2,2 juta, sedangkan anggotanya mendapatkan honor/uang kehormatan sebesar Rp 1,9 juta per bulan", ungkap Wahyudi.

Selanjutnya dijelaskan Wahyudi,  mengacu pada Pileg dan Pilpres kemarin yang banyak dinamikanya, maka kawan-kawan akan dilindungi BPJS Tenaga Kerja dibebankan pada APBD, yang dihibahkan kepada Bawaslu,” ujar Wahyudi, Bawaslu Kabupaten Malang Pilkada Tahun 2020 mendapatkan dana hibah sebesar Rp 27 miliar. (oskar/rik).

0 komentar:

Posting Komentar