Sabtu, 28 Desember 2019

Bawaslu Jatim Totok; PEMILIHAN BUPATI DAN WALIKOTA DI JAWA TIMUR SERENTAK 2020 BERJALAN KONDUSIF


NAGiNEWS-MALANG, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Timur, Totok Haryono, meyakini pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota 19 daerah di Jatim serentak Tahun 2020 berjalan kondusif dan aman.
Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jawa Timur, Totok Hariyono (Foto: Istimewa)
Hal ini, dikemukakan Totok yang juga Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa pada saat mengikuti acara Pengucapan Sumpah/Janji Pelantikan 99 Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwas Kecamatan) di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kepanjen Malang, Sabtu, (28/12/2019) tadi pagi. "Ada 19 Kabupaten/Kota di Jatim yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Walikota tahun depan. Hingga saat ini, belum ada pemetaan terkait daerah rawan dalam Pilkada Daerah rawan kita masih belum bisa ngomong. Nanti kan soalnya ada indeks kerawanan", ungkap Totok,  biasanya rawan logistik dan tahapan.

Menurut Totok, Kabupaten Malang ini, karena kondisi daerahnya dan kepedulian masyarakatnya yang saling mengerti serta menjaga keamanan daerahnya., Insyaallah sudah tidak rawan. "Melihat pengalaman pelaksanaan Pilkada sebelum-sebelumnya, Totok menyampaikan, indeks kerawanan di Jatim bisa dibilang cukup minim. Hal itu pun, berdampak pada pelaksana yang aman dan lancar", ungkap Totok, mantan Anggota KPU Kabupaten Malang Divisi Hukum.

Selanjutnya dijelaskan Totok,  akhirnya Pemilu berjalan tertib, tidak ada gejolak, aman, dan kondusif di masyarakat, mulai pra Pemilu sampai selesai. Hingga kini tinggal dua Bawaslu yang belum melantik Panwas Kecamatan. Dua daerah tersebut diantaranya Kabupaten Banyuwangi dan Jember", tutur Totok, masa pelantikannya mulai 22 sampai 31 Desember 2019

Totok berharap dengan pelantikan Panwas Kecamatan Pilkada di Kabupaten Malang bisa berjalan lebih baik. "Kabupaten Malang ini, termasuk wilayah terbesar, saya yakin Panwas Kecamatan-nya juga yang terpilih dari hasil seleksi yang cukup panjang terbuka, transparan", tegas Totok memberikan masukan kepada para Panwas Kecamatan agar menjalankan tugasnya dengan penuh amanah.

Nasehat Totok, hanya satu kuncinya yaitu integritas. Integritas, taat terhadap peraturan perundang-undangan. Apabila melanggar ada  Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang bertugas untuk memberikan sanksi, jika ada Panwas Kecamatan yang tidak benar, bisa dihentikan sementara atau permanen,” ujar Totok, mengakhiri keterangannya kepada wartawan yang meliputi acara ini. (rik/oskar).

0 komentar:

Posting Komentar