Senin, 02 Desember 2019

Aniswaty Kadiskominfo Pemkab Malang Baru; KEMBANGKAN POTENSI DESA SMART VILLAGE


NAGiNEWS-MALANG, Aniswaty Aziz yang baru dilantik sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan  Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten  Malang, mengatakan pihaknya  berencana akan membuat Sistem Informasi Desa (SID).
Kadiskominfo Pemkab Malang, Aniswaty Aziz (berjilbab) saat dalam prosesi pelantikan. (Foto: Istimewa).
Hal ini, disampaikan Anis panggilan wanita akrabnya, bahwa sistem itu akan digunakan sebagai media informasi yang menampilkan profil setiap desa, serta program-program Pemkab Malang maupun Pemerintah Pusat. "Rencananya akan difasilitasi oleh Diskominfo untuk pembuatannya", tutur Anis, saat ditemui wartawan, Minggu (1/12/2019) di Pendopo Kabupaten Malang.

Dikatakan Anis, dengan sistem ini dapat dijadikan sarana untuk menginformasikan. 'Apalagi, aturan dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD), dana tersebut dapat digunakan untuk sistem Informasi sebesar 15 persen. Dari 378 desa yang ada di Kabupaten Malang, hanya ada 350 desa yang bisa mendapat akses internet semacam Smart Village. Tapi bukan Smart Village yang sesungguhnya, kalau Smart Village yang sesungguhnya kan sudah internet of thing ya. Artinya semua masyarakatnya sudah familiar dengan akses internet, termasuk juga dengan e-banking dan lainnya", jelas Anis, artian Smart Village akan sesuaikan dengan kondisi di wilayah Kabupaten Malang.

Menurut Anis, di tahun 2020, pihaknya berencana akan melihat kondisi akses internet di desa-desa di wilayah Kabupaten Malang. “Diskominfo rencananya akan menemui provider-provider yang ada untuk dapat merealisasikan tersebut. Dengan pengguna yang banyak, dengan kondisi yang ada, yang baik yang akan digunakan itu seperti apa. Yang jelas orientasinya dengan Sistem Informasi Desa ini, harapan selain profil desa masing-masing, setiap desa juga bisa menampilkan produk unggulannya masing-masing", jelas Anis,  agar potensi dapat diketahui dan dapat dikembangkan. (rik/bala).

0 komentar:

Posting Komentar