Rabu, 07 Agustus 2019

Setelah Putusan MK; KPU TETAPKAN PEROLEHAN KURSI DAN CALEG TERPILIH


NAGiNEWS - JAKARTA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menetapkan perolehan kursi dan calon legislatif terpilih, konsekuensi tindak lanjut Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang sudah bersifat final dan mengikat.
 KPU segera memerintahkan jajarannya segera menetapkan perolehan kursi, sekaligus menetapkan calon anggota legislatif terpilih.
Foto: Istimewa
Anggota KPU, Ilham Saputra menjelaskan MK mengagendakan pembacaan sebanyak 67 putusan PHPU pada Pemilu Legislatif 2019, Selasa (6/8/2019).

"Dari jumlah ini, hanya tiga perkara yang dikabulkan, sedangkan sisanya delapan perkara ditarik kembali oleh pemohon, 15 perkara dinyatakan gugur, 18 perkara dinyatakan tidak dapat diterima, dan 10 perkara diputuskan ditolak," ungkap Ilham.

Dikatakan Ilham, KPU menginstruksikan KPU Daerah segera menetapkan perolehan kursi atau calon terpilih. "Sesuai Undang-Undang Pemilu, daerah yang tidak lagi terdapat sengketa hasil pemilu atau telah ada putusan hukum yang berkekuatan hukum tetap, dalam waktu tiga hari harus menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih," jelas Ilham, putusan MK harus dilaksanakan, karena sifatnya final dan mengikat.

Selanjutnya diuraikan Ilham, data di KPU, ternyata KPU baru menetapkan hasil Pemilu di 21 dari 34 propinsi, sedangkan 13 propinsi lainnya masih menunggu putusan MK.
Dijelaskan Ilham, penetapan hasil Pemilu juga disesuaikan dengan Akhir Masa Jabatan(AMJ) setiap anggota legislatif di kabupaten/kota yang berpekara. "Setiap daerah berbeda, sehingga penetapan hasil Pemilu harus dipercepat bagi daerah yang waktu AMJ anggota legislatif  mepet sekali," tandas Ilham.

KPU segera memerintahkan KPU Provinsi Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Riau, karena perkara yang ditangani MK tidak yang dikabulkan.(yosep).

0 komentar:

Posting Komentar