Rabu, 07 Agustus 2019

Pemerintah Kabupaten Malang Jual Tempat Wisata; 90 DAERAH KUNJUNGI DESA WISATA PUJON KIDUL

NAGiNEWS - MALANG,  Pemerintah Kabupaten Malang menjual daerah- daerah wisata kepada 90 Daerah kegiatan yang akan digelarkan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), Kamis (8/8/2019) di Kampung Sawah Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujo yang akan dihadiri 90 Bupati/Walikota dari seantero nusantara.
Foto: George da Silva saat mengunjungi wisata pujon kidul.
Persiapan Advocacy Horizontal Learning (AHL), menurut Dr. Ir. Wahyu Hidayat Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, AHL akan digelarkan di Spot Taman Budaya Cafe Sawah. "Kegiatan ini, merupakan kegiatan pertama AHL di area terbuka.

Kami terus memantau persiapan kegiatan," tutur Wayu ketika dihubungi wartawan, kemarin bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedantha meninjau lokasi.

Persiapan lokasi terutama kesiapan sarana dan prasarana pendukung. "Kami memantau kesiapan akses jalan menuju venue serta fasilitas pendukung termasuk toilet umum, tempat pembuangan sampah, kebersihan", ujar Wahyu, mantan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedantha dan Dr. Ir. Wahyu Hidayat Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang. Foto DPKPCK Kab.Malang
Wahyu lebih lanjut menjelaskan rangkaian acara ini dimulai nanti Rabu malam di Pendopo Agung berupa gala dinner bersama delegasi dari 90 kabupaten/kota "Kami merancang acara ini di tempat terbuka berupa diskusi, sehingga para peserta dapat melihat panorama dan keindahan pemandangan alam disertai udara yang sejuk", kata Wahyu, kegiatan AHL, para bupati/walikota yang hadir akan mempresentase tentang best practice tentang keberhasilan, inovasi terkait sanitasi didaerahnya.
Foto: Istimewa
Diuraikan Wahyu, Plt Bupati H. Sanusi akan memaparkan tentang keberhasilan Desa Wisata Pujon Kidul, yang mampu mensinergikan antara pariwisata dengan sanitasi, karena di desa ini banyak ternaknya.

"Desa Pujon Kidul memiliki potensi wisata yang luar biasa, juga mereka penduduk desa akan menggelarkan kesenian tradisional, membuat terpikat wisata asing maupun wisata domestik", tutur Wahyu, keberhasilan membentuk wisata ini berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Malang, 
Pemerintah Desa, dan swadaya masyarakat yang begitu aktif.

Di desa ini, ada Integrated Resource Recovery Center (IRRC), Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, dan pengelolahan air bersih. (rik).

0 komentar:

Posting Komentar