Jumat, 09 Agustus 2019

Membuka Jalan ke Kawasan Pariwisata; PEMKAB MALANG MENGUSULKAN DIALIHKAN JALAN MENUJU WISATA KEPADA PEMPROP JATIM DAN PUSAT


NAGiNEWS - MALANG, Pemerintah Kabupaten Malang membuka sarana dan prasarana menuju dan dari daerah kawasan wisata dalam wilayah Kabupaten Malang, dengan cara mengalihkan beberapa titik ruas jalan berubah satusnya kepada Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat.
Foto: Ir. Romdhoni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang (Dok.NAGi)
Hal ini, dikemukakan Ir. Romdhoni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, telah mengajukan status beberapa titik atau lokasi menuju tempat wisata.

"Kami sudah melakukan program mengajukan jalan-jalan ke tempat wisata kepada Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat delapan bulan yang lalu", ungkap Romdhoni kepada wartawan, jika disetuju maka mulai dialihkan anggaran, pengawasan pada tahun 2021 mendatang.

Dikatakan Romdhoni, pengajuan ini, karena adanya perkembangan infrastruktur yang cukup pesat di wilayah Kabupaten Malang.

"Paling sedikit ada lima titik jalan yang telah diajukan menjadi milik pemerintah  propinsi dan pemerintah pusat yaitu jalan kawasan Karangploso menghubungkan jalan kabupaten ke Kota Batu merupakan salah satu tujuan wisatawan di Jatim.

Jalan dari Kepanjen - Pagak, Sumber Kulon sampe jalan Jalur Lintas Selatan (JjLS). Kawasan daerah Sekarpuro sampe Balakambang. Krebet ke Turen sampe Gondanglegi.

"Untuk akses jalan dengan diajukan menjadi milik pemerintah propinsi menjadi dan pemerintah pusat yaitu perbatasan dengan wilayah Kota Malang kawasan Mangliawan Kecamatan Pakis sampe ke kawasan Bromo.

Sekarpuro sampe ke Pantai Bunut, jalan dari Pantai Balekambang menuju Gondanglegi", rinci Romdhoni, mantan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang.

Selanjutnya dijelaskan Romdhoni, kawasan Sekarpuro ke kawasan Pante Bunut, karena ada eksit Tol, Pemerintah Kabupaten Malang mengusulkan alih status menjadi jalan nasional.

"Usulan-usulan alih status, kami mengajukan secara resmi dan telah melakukan berbagai pendekatan dan pengalihan ini, karena ada berbagai kegiatan nasional yang banyak dilakukan di wilayah Kabupaten Malang pengerjaan Tol Malang-Pandaan, rencana Bandara Abdulrrahman Saleh akan ditingkatkan menjadi internasional", ujar Romdhoni.

Apabila diambil  alih pemerintah propinsi dan pemerintah pusat, maka mengurangi beban pekerjaan peningkatan jalan dan perawatannya, sehingga dana APBD bisa digunakan pembangunan yang lain, yang masih banyak kebutuhan. (rik/faby).

0 komentar:

Posting Komentar